Pakai sepatu dalam rumah ancam kesehatan anak-anak

Penelitian menyimpulkan kebiasaan menggunakan sepatu atau sandal dalam rumah bisa meningkatkan risiko anak-anak dan bayi terkena penyakit.
Menggunakan sepatu atau sandal yang sudah Anda pakai seharian di luar ke dalam rumah bisa menghadirkan ancaman bagi si kecil terkait kesehatan fisik mereka.

Dr Jonathan Sexton dari University of Arizona mengatakan bahwa sepatu atau sandal bisa menebarkan bakteri di lantai rumah dan mudah menempel pada tangan atau tubuh anak, terutama yang masih berusia fase merangkak.

Dr Sexton yang merupakan ahli mikrobiologi lingkungan dan spesialis penelitian menerangkan bahaya-bahaya tersebut lebih mendalam.

“Orang dewasa mungkin tidak menjadi masalah, tetapi saya lebih mengkhawatirkan pada anak-anak yang masih belajar berjalan dengan merangkak di lantai,” ujar Dr Sexton.

Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti yang dikepalai oleh Dr Sexton mengungkapkan bahwa mereka menemukan bakteri, termasuk kotoran, yang dapat menyebabkan infeksi berbahaya dan penyakit di bagian bawah sepatu.

Sepatu yang dipakai di luar rumah, menurut penelitian, menampung ratusan bakteri.

Percobaan ilmiah lainnya juga pernah mengungkapkan temuan serupa.

Sepatu yang dikenakan di luar rumah otomatis terkontaminasi dan membawa kuman ke dalam ruangan. Kemudian, bakteri dan kuman tersebut menempel dan terpapar di setiap langkah Anda dalam rumah.

“Paparan dari sepatu itu yang menebarkan bakteri, tetapi jika Anda tidak sampai terpapar, Anda tidak akan mengalami sakit,” imbuhnya.

Masalah yang harus Anda ketahui tak hanya bakteri menempel, tetapi juga bakteri yang dibawa oleh udara yang tentunya akan dihirup oleh keluarga Anda tercinta.

Risiko tersebut juga berbahaya untuk orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah.

“Pada seseorang yang berisiko terkena infeksi, biasanya yang baru saja habis sakit atua dirawat, kehadiran bakteri karena kebiasaan yang bisa dihindari ini bisa membuat mereka semakin rentan,” ujar Profesor Kevin Garey dari Fakultas Farmasi Universitas Houstoun.

Anda yang diberkati dengan kekebalan tubuh yang baik dan dalam kondisi sehat semestinya bisa membuat keputusan bijak untuk kesejahteraan anggota keluarga lainnya, hal kecil seperti melepas sepatu sebelum masuk rumah.

Sebuah riset pada tahun 2008 lalu menemukan, rata-rata sepatu yang sudah dipakai berisi 421.000 bakteri. Lalu, sepatu dalam rumah juga memiliki 2.887 bakteri.
merk madu yang bagus untuk anak usia 1 tahun

Sebanyak 96 persen sepatu yang dipelajari oleh Dr Charles Gerba, seorang ahli mikrobiologi dan profesor di Arizona University, terlapisi dengan bakteri koliform.

Bakteri koliform adalah mikroorganisme yang sering digunakan untuk mengetahui kandungan patogen dalam air.

Bakteri bernama Escherichia Coli atau E.coli yang merupakan bagian dari Koliform juga ditemukan dalam sepatu. Bakter ini bisa menyebabkan diare parah.

Dr Sexton menyebutkan bahwa memang tidak pada semua sepatu, tetapi kebanyakan memperlihatkan adanya bakteri E.Coli.

Orang-orang bersentuhan dengan bakteri jauh lebih banyak daripada yang mereka sadari setiap hari, terutama mereka yang cenderung aktif dan sering berpergian.

"Mikroba ada di sekitar kita dan akan melekat pada permukaan yang bersentuhan dengan kita" Michael Loughlin, seorang dosen utama di Nottingham Trent, fakultas sains dan teknologi, menjelaskan kepada The Independent.