Manfaat Buah Apel Untuk Mengobati Tipes


Demam Tifoid atau yang lebih dikenal dengan nama Tipes disebabkan oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi terpapar atau terkontaminasi bakteri, jenis bakteri yang menyerang  Salmonella typhi . Selain dari makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri S. typhi, tipes bisa juga disebabkan melalui kontak langsung dengan penderita yang terinfeksi. Bagian pencernaan utamanya bagian usus adalah bagian yang menjadi titik infeksi bakteri. sehingga usus tidak dapat bekerja dengan maksimal.
Dengan kinerja usus yang melemah tentunya menimbulkan gejala-gejala yang bisa dicermati sehingga bisa tau cara penanganan dan pengobatan yang akan diambil.



Beberapa gejala yang dapat ditimbulkan pada infeksi demam tifoid diantaranya :
  •  Demam dengan pola khusus yaitu meningkat pada malam hari dan membaik pada pagi-siang hari
  • Nyeri perut
  • Nyeri kepala
  • Bercak keputihan pada lidah
  • Gangguan pada pencernaan.
Jika gejala tipes memang terlihat pada penderita, dan di asumsikan menderita gejala tipes. Langkah penanganannya adalah dengan mengubah pola makanan dan menu makanan, penggunaan obat-obatan yang mengobati penyakit tipes.
 
Sebagai buah yang bisa di dapatkan dengan mudah tentunya bisa menjadi pilihan untuk di konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan kandungan yang berkhasiat, buah apel ternyata dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit tipes.Kandungan dalam apel yang begitu bermanfaat diantaranya fitonutrien serta anti oksidan flavonoid dan folifenol. Total kandungan kekuatan anti oksidan (nilai ORAC) dalam 100 apel mencapai 5900 TE. Flavonoid yang ada di dalam apel di antaranya quercetin, epicatechin, dan procyanidin B2.

Pengaturan menu makanan dan pola makanan yang dikonsumsi penderita pada demam tifoid alangkah baiknya bentuk makanan dengan konsistensi yang lunak atau dalam tekstur yang lembut guna meringankan kerja dari usus yang sedang mengalami infeksi. Mengkonsumsi buah apel untuk menambah asupan nutrisi untuk mempercepat masa penyembuhan pada demam tifoid namun, bagusnya apel yang di konsumsi di buat menjadi juice terlebih dahulu agar konsistensi apel menjadi lebih encer dan dapat menambah ringan kerja saluran cerna usus. Proses pemilihan makanan ini juga berlaku pada saat masa pengobatan dan penyembuhan demam tifoid.

Sebaiknya proses penyembuhan selain diobati dengan obat alami seperti juice apel/ cuka apel, juga dikonsultasikan dengan tenaga medis seperti dokter. Guna mendapat penanganan yang baik untuk mempercepat proses pengobatan secara medis.
Semoga informasi ini bermanfaat.